Bisnis Sewa Perlengkapan Bayi -Jurnal Bogor, 3 April 2010

Bisnis Sewa Perlengkapan Bayi
Jurnal Bogor, 3 April 2010
Rubrik: BOGOR BUSINESS

Bogor – Menggeluti usaha penyewaan perlengkapan bayi sejak lebih dari setahun lalu, Dafdiz Baby Rental & Shop, semakin berkembang dan menjadi bisnis unggulan bagi pemiliknya, Hj. Frida Nursanti Aulia, Spi, MM, di samping unit bisnis yang lain yang dimiliki, yakni di bidang HRD consultant dan catering.

Bisnis yang dijalankan Frida yang satu ini, bisa dikatakan belum memiliki pesaing terutama di Kota Bogor, sehingga tak heran bila pelanggannya bisa menembus Jabodetabek hingga ke Kota Kembang, Bandung.
“Kami menawarkan solusi hemat menyewakan box bayi, stroller, car seat, high chair, dan masih banyak lagi kepada mereka yang membutuhkan. Hitung-hitung daripada membeli baru dengan harga mahal dan umur penggunaan yang singkat, lebih baik menyewa, sehingga kelebihan uangnya bisa digunakan untuk beli susu,” ujar Frida kepada Jurnal Bogor, kemarin.
Sebagai jenis usaha yang relatif baru, awalnya Frida sempat tak yakin bisnis penyewaan perlengkapan bayinya akan diminati masyarakat. Promosi yang dilakukan melalui penyebaran brosur ke rumah-rumah bersalin, apotek-apotek, dan rumah sakit-rumah sakit dilakoninya untuk menjaring pelanggan. “Perlahan dengan memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut oleh pelanggan yang sudah pernah menyewa barang-barang kami, usaha kami pun makin berkembang,” kata dia.

Hingga kini, Dafdiz Baby Rental & Shop memiliki tak kurang dari 300 pelanggan aktif itu memiliki omzet sedikitnya Rp11 juta perbulan. Perlengkapan bayi pun semakin bertambah, hingga saat ini tak hanya perlengkapan bayi, mainan bayi dan balita pun turut disewakan Dafdiz Baby Rental & Shop. “Untuk mainan balita, hingga kini kami sudah memiliki dua klien tetap dari play group berbasis Bahasa Inggris yang menyewa mainan-mainan dari kami,” imbuhnya.

Salah satu hal yang membuat pelanggan terus bertambah, adalah harga sewa yang ditawarkan cukup terjangkau. Sebagai contoh, babywalker disewakan dengan tarif Rp20.000 perbulan, keranjang bayi, kursi bayi, dan mainan bayi Rp10.000 perbulan, box bayi Rp40.000 perbulan, dan masih banyak lagi.
Ketekunan Frida dalam menjalankan usahanya itu, bahkan sudah mendapatkan tawaran untuk diwaralabakan alias franchise. “Saya merasa belum mampu ke arah franchise karena untuk itu harus sudah memiliki sebuah sistem yang lengkap. Ke depan mungkin wacana itu bisa diwujudkan,” tuturnya.

Saat ini, Dafdiz Baby Rental & Shop tengah menggelar Garage Sale perlengkapan bayi di lokasinya, Perumahan Bogor Baru Blok A3 Nomor 5 hingga 4 April 2010 mulai 10.00-15.00 WIB. “Garage Sale kami gelar untuk peremajaan perlengkapan bayi. Kami juga menerima bila ada yang berminat titip jual, jadi tak perlu menumpuk barang di rumah,” pungkas dia.

Rudi D. Sukmana
rudirs@jurnas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: